22 Juni 2009

Alman, Virus yang Bisa Membuat File Aplikasi Mekar

Virus ini mungkin sudah lama ada, yang aku sendiri juga tidak tahu kapan mulai ada. Tapi belum lama ini benar-benar membuat aku repot. Aku akui pembuat virus ini hebat juga, bisa mengubah/menambahkan ukuran file aplikasi tapi file tersebut masih bisa dijalankan, alias tidak merusak file yang terinfeksi. Ada-ada saja orang yang buat virus ini, kurang kerjaan, ingin pamer, atau mungkin terlalu kreatif. Buat orang yang buat virus yang mungkin baca dan mengerti, ada satu kata, TOBATLAH!
Awalnya aku tidak menyadari bahwa terdapat virus di komputer yang aku gunakan. Tidak ada antivirus aktif yang melindungi komputer, ini aku lakukan untuk meringankan dan mempercepat proses, maklum komputer yang aku gunakan sudah uzur. Aku baru curiga setelah ada yang tidak beres dengan komputerku, dan ternyata setelah melakukan scan dengan antivirus terdeteksi virus Alman pada beberapa file aplikasi. Karena antivirus yang aku gunakan tidak bisa menyembuhkan file yang terinfeksi, dan hanya menganjurkan di karantina atau dihapus, maka tidak ada jalan lain selain menghapus file yang terinfeksi dengan berharap virus tersebut tidak akan mampir lagi.
Ternyata harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Virus tersebut tetap tinggal di komputerku dan sering menginfeksi file-file aplikasi yang ada di komputer. Tentu saja ini sangat merepotkan, apalagi sebagian file yang di infeksi adalah file penting. Tiap kali ada file yang terdeteksi selalu dihapus, setidaknya itu langkah yang aku tempuh, karena antivirus juga tidak membantu membasmi virus secara tuntas. Selain itu aku juga malas install ulang Windows, lama dan repot.
Setelah mencari dan mencari, akhirnya ketemu sebuah tool dari AVG yang khusus untuk membasmi virus Alman. Tool ini terdiri dari dua file rmalman.exe dan rmalman.nt yang bisa di download disini. Cara menjalankan tool ini dengan menjalankan rmalman.exe yang otomatis akan memeriksa seluruh file pada disk. Atau jika ingin memeriksa sebagian partisi atau direktori bisa dengan memberikan parameter saat menjalankan file rmalman.exe. Misalnya (jalankan pada command prompt):
rmalman (scans and cleans all available drives)
rmalman C: (scans and cleans the C: drive)
rmalman C: D: (scans and cleans the C: and D: drives)
rmalman C:\Windows (scans and cleans all files in the C:\Windows folder)
rmalman C:\Windows\explorer.exe (Scans and eventually cleans this file)

Setelah proses pembersihan juga dianjurkan untuk scan komputer dengan antivirus, misalnya AVG untuk lebih meyakinkan komputer bebas virus.

Catatan: Waktu pertama kali mencoba tool ini pada komputerku, proses tidak dapat dilanjutkan karena terdapat virus yang “gentayangan” di memory dan menampilkan pesan bahwa pada proses booting Windows selanjutnya tool ini otomatis dijalankan. Tapi kenyataannya tidak begitu, tetap saja tool tidak dijalankan saat proses booting selesai, mungkin ada yang salah atau ada file lain yang dibutuhkan. Yang jelas untuk mengatasi masalah ini, aku mengakali dengan cara menambahkan entry pada registry pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunOnce, buat entry dengan nama sembarang, dengan tipe string, yang isinya direktori dan nama file dimana file rmalman.exe berada. Tool rmalman.exe otomatis dijalankan saat booting hanya sekali saja, setelah itu entry pada registry akan dihapus. Cara ini cukup berhasil meski tidak semua file bisa dibuka.

1 komentar:

  1. Kakak toloong donk. waktu itu aku pake rmalman pas kujalankan muncul pesan seperti yg diatas, kemudian pas aku restar. lalu pad saat mau memasuki windows, windows otomatis menjalankan bootingnya rmalman dan mengclean smua drive-drive yang terpasang.

    akan tetapi setelah proses cleaned berhasil disuruh press anykey. saya tekan tombol apapun, namun tidak bisa berfungsi. bagaimana ini Kakak... saya jadi tidak bisa memasuki windows saya setiap kali mau masuk windows otomatis boo scan virus dari rmalman. mohon pencerahaannya...^_^

    BalasHapus