19 Februari 2009

Microsoft SQL Server 2008 Express

Besar, lambat, ruwet, repot. Itulah kesan setelah mencoba terhadap produk Microsoft yang satu ini. Dari proses instalasinya aja udah ruwet. Pertama mesti install Windows Installer 4.5 dulu. Kemudian install .Net Framework 3.5, ya ini yang lama. Trus install Windows PowerShell 1.0. Terakhir baru install SQL Server 2008 yang juga lama banget. Untuk install dari langkah pertama sampai selesai install SQL Server 2008 beserta setting macem-macem butuh waktu setengah jam lebih, padahal komputer udah pake prosesor dual core Intell, memori 2 GB.
Entah napa installnya ruwet gitu, disengaja kali sama Microsoft. Yah kalo ga kepaksa ya ga pake, yang SQL Server 2000 aja bagiku udah cukup. Tapi dalam rangka mendukung HaKI, okelah pindah. Lagian yang SQL Server 2000 udah ga dijual lagi. Cepat atau lambat pasti perpindahan ke versi baru pasti terjadi. Sebelumnya yang SQL Server 2005 udah nyoba sih, ga serumit dan selambat yang 2008 tapi tetap aja lambat. Dibanding yang 2005 yang dulu saya coba ada perkembangan.
Pada waktu pertama nyoba, payah ga ada enterprise manager/management studio, musti pake command prompt. Trus setelah beberapa lama ada update yang jadi satu dengan management studio, tapi tetap aja repot soalnya ga bisa export/import, padahal di versi 2000 cukup sering aku pake. Setelah lama ga nyoba, akhirnya yang pada versi 2008 yang kucoba ini ternyata ada fungsi export/import.
Memang untuk teknologi .Net ini aku kurang sreg, selain eksekusi program lambat, juga butuh resource besar. Dulunya aku pernah nyoba. Dari Delphi aku memutuskan tekad bulat pindah ke .Net. Waktu itu aku pake bahasa pemrograman C#, memang aku pilih demikian karna aku kurang suka dengan bahasa Basic dan lagi aku juga membuat tugas akhirku dengan bahasa C++, jadi ada kedekatan bahasa walaupun tidak sama semuanya.
Memang dari segi fitur aku salut, banyak tambahan, kemudahan juga tampilan. Membuat tampilan yang bagus lebih mudah dari Delphi. Tapi beberapa masalah buat aku jadi balik lagi ke Delphi. Pertama adalah karna di lingkungan .Net, apapun bahasanya pasti full object. Delphi mendukung penuh OOP tapi tidak full object, jadi mirip dengan C++. Semuanya jadi sulit karena semua dalam bahasa yang full object selalu “dipaksa” untuk memikirkan semuanya itu adalah object. Itulah yang tidak aku suka karna menurutku pemrograman itu bebas, artinya benar-benar bebas berpikir dan berekspresi. Tetapi bukan itu yang bikin aku geram, yang bikin aku balik kucing adalah, biasa, lambat. Lama-lama bosen juga waktu dihabiskan untuk nunggu proses compile dari pada mikir. Walaupun dengan berbagai teknik optimasi, tetap saja tidak mampu mengalahkan program yang tidak dibuat dalam lingkungan .Net, karna tetap saja .Net seperti mesin virtual yang berjalan diatas sistem operasi, selain itu juga menghabiskan banyak resource, biasa, teknologi baru Microsoft, lebih baru, lebih hebat, lebih cantik, lebih mudah, lebih banyak uang terbuang untuk ugrade komputer. Supaya bisa lebih cepat, ada solusinya, beli komputer baru yang lebih bertenaga, tapi ya tau sendiri kan, penghasilan pas-pasan.
Ya udah cukup, kita kembali lagi ke masalah SQL Server 2008. Aku sih tidak pusing-pusing dengan teknologi baru yang dijejalkan ke versi baru ini, karna dari yang versi 2000 aja sudah cukup dan semuanya juga didukung pada versi baru ini. Cuma satu yang aku tau, kalo di versi yang 2000, aku pernah pake yang namanya Extended Stored Procedure yang rumit bikinnya itu, sekarang dengan teknologi baru ini yang sudah terintegrasi dengan .Net, maka tidak perlu serepot dulu lagi bila butuh fungsi/fitur yang tidak bisa dilakukan dengan fungsi dari SQL Server, seperti misalnya baca file tertentu, enkripsi, dan lain sebagainya. Untuk penjelasan cara install SQL Server 2008 dan persyaratan yang dibutuhkan, liat di situs http://juice.altiris.com/article/5920/install-and-configure-sql-server-2008-express.

2 komentar:

  1. Sedikit mengomentari blog anda, Blog ini gak sering di Update tha? halamannya di lebarkan yah. biar gak hanya memanjang. lagia background yang kosong buat apa????

    BalasHapus
  2. untuk yang memerlukan webhosting windows murah bagus dan terjangkau

    silahkan ke sini windows hosting Indonesia

    BalasHapus