28 Februari 2009

Testing MySQL 5.1

Baru saja dapet installer MySQL 5.1, langsung aja aku coba menggantikan MySQL 5.0 yang udah aku pake beberapa saat. Setelah dicoba rasanya boleh juga buat update yang lama. Kemudian setelah aku coba dengan program buatanku sendiri, rasanya ada yang aneh. Kalo dulu user yang tidak terdaftar (tidak ada di tabel mysql.user tidak bisa masuk/ditolak) sekarang ok aja nyelonong masuk meski belum terdaftar! User yang tidak terdaftar bisa connect ke server, tapi ga isa liat database yang ada (cuma bisa lihat database information_schema dan test).
Setelah dilihat ternyata permasalahannya ada pada usernya. Pada MySQL 5.1, user ‘’@’localhost’ dengan priviledge minimum. Dengan adanya user yang dikosongkan ini, maka semua user bisa masuk, tidak hanya user yang sudah ada saja. Aneh juga MySQL 5.1 dibuat seperti ini secara default, padahal pada MySQL 5.0 tidak.
Masalah tidak hanya sampai disitu saja, pada saat aku create user, misal ‘aku’@’%’, kalo aku akses dari komputer lokal ternyata ga dianggap sebagai user ‘aku’@’%’, tapi kalo dari komputer lain ok. Masalah beres setelah aku tambahkan lagi user ‘aku’@’localhost’. Jika aku connect dari lokal maka, usernya adalah ‘aku’@’localhost’, jika dari komputer lain, maka usernya adalah ‘aku’@’%’. Satu hal yang aneh lagi bagiku, bug atau memang dibuat gitu? Pada versi 5.0, ok aja tuh. Kalo udah ada user ‘aku’@’%’ ya udah semua user aku dari komputer manapun dianggap user ‘aku’@%’.
Selain dua masalah diatas ada satu lagi perubahan. Kalo dulu veri 5.0, server MySQL pake file “mysqld-nt.exe”, mulai rilis 5.1 dan setelahnya diganti menjadi “mysqld.exe”. Yang ini mungkin ga terlalu signifikan buatku. Dengan pergantian ini, nama file jadi sama dengan yang versi Linux, karna aku pernah nyoba. Dengan berbagai perbahan diatas, jelas hal ini merepotkan aku. Dari program dulu yang udah ok, sekarang berubah lagi. Perubahan yang cukup lumayan bagiku untuk sebuah versi minor yang berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar