01 Maret 2009

Mencari Program Installer yang Cocok

Selama ini aku buat program tanpa adanya installer, jadi ya tinggal copy & paste saja beres. Pada awalnya sih ok aja. Masalah timbul setelah makin banyak file yang ditambahkan, juga untuk edit registry Windows. Jadi susah ngurusnya, maka dari itu aku putuskan buat installer buat programku. Selain itu juga agar tampak lebih profesional (ga nyombong ya...).
Sebenarnya, hal seperti ini bukan yang pertama bagiku. Pada jaman dulu kala juga pernah nyoba bikin installer dari beberapa program yang ada seperti InstallShield Express bawaannya Delphi, InstallShield 7 Professional atau Wise Installer adalah beberapa yang sudah aku coba. Meskipun begitu jarang aku bikin installer, alasannya kadang ruwet bahasanya ada yang pake C jadi susah, kemudian bagi aku juga ga penting-penting amat selain ga ada waktu karna dihabisin buat program dan segala tetek bengeknya.
Kemudian setelah beberapa lama, aku pertimbangkan lagi untuk buat installer. Sebelumnya juga aku survei dan coba-coba dulu apa program installer yang paling cocok. Seletah nyari sana sini, akhirnya aku dapet program namanya Inno Setup versi 5.2.3. Ada beberapa pertimbangan yang buat aku untuk kemudian pake program ini, selain free, mudah dan simpel juga bahasa/skrip yang digunakan adalah Pascal jadi ga usah repot-repot belajar bahasa lain. Beberapa fitur lain yang ada antara lain:

  • Bisa digunakan di semua versi Windows mulai NT 4.0 atau 9x sampai Vista (tanpa service pack).
  • Support aplikasi 64bit (x64 atau Itanium).
  • Dapat dibuat jadi satu file exe atau dipecah jadi beberapa file.
  • Mendukung kompresi file, jadi file output bisa lebih kecil ukurannya.
  • Shortcut ke Start Menu atau Desktop.
  • Pembuatan registry.
  • Instalasi multi bahasa.
  • Source code tersedia (Delphi).
Yah keunggulan lainnya adalah bebas biaya alias free of charge meski digunakan untuk membuat aplikasi komersial. Bagi yang mau coba bisa didownload secara gratis di websitenya http://www.jrsoftware.org.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar