27 April 2009

Bahasa Scripting Windows PowerShell (Bagian 4)

Obyek WMI
Windows Management Instrumentation (WMI) merupakan teknologi untuk administrasi sistem Windows dan pernah dibahas pada posting sebelumnya. Untuk keperluan ini disediakan cmdlet Get-WmiObject.
Hal utama yang menjadi masalah bagi user yang mengakses WMI adalah mengetahui apa saja yang bisa diperbuat dengan WMI. Ada ratusan class WMI yang berisi informasi resource yang bisa diakses. Layaknya obyek, dalam class tersebut juga terdapat property. Untuk mendapatkan daftar class dari WMI:
Get-WmiObject -List
Daftar class yang ditampilkan pada tiap komputer dapat bervariasi, tergantung pada sistem operasi yang digunakan dan ektensi WMI yang ditambahkan oleh aplikasi yang diinstal. Kita bahkan dapat mendapatkan informasi ini dari komputer remote dengan menggunakan parameter ComputerName yang menentukan nama komputer atau alamat IP.
Get-WmiObject -List -ComputerName KompParno
Perlu diperhatikan bahwa ketika kita berusaha terhubung dengan komputer remote, komputer remote harus menjalankan service WMI dan pada konfigurasi default akun user yang kita gunakan harus ada pada grup administrators pada remote komputer.
Setelah kita tahu nama class yang kita inginkan, kita dapat memperoleh informasi dari class tersebut dengan parameter -Class.
Get-WmiObject -Class Win32_BIOS




Class Win32_BIOS mempunyai lebih banyak property dari yang ditampilkan di layar. Untuk mendapatkan semua property dari class Win32_BIOS kita bisa mengetikkan perintah berikut.
Get-WmiObject -Class Win32_BIOS | Get-Member –MemberType Property

Menggunakan Class Static dan Method
Class static merupakan referensi pustaka dari method dan property yang “tidak berubah”. Class seperti ini tidak dibuat, tetapi digunakan.

System.Environment
Class System.Environment berisi informasi umum tentang environment yang dipakai untuk process yang bersangkutan, yaitu Windows PowerShell. Kita dapat menggunakan class static dengan menggunakan kurung siku sebelum dan sesudah nama class.
[System.Environment]
Dengan mengetikkan perintah diatas, akan menampilkan informasi umum.



Untuk menampilkan detail class ini:
[System.Environment] | Get-Member
Atau menampilkan member static dengan parameter Static.
[System.Environment] | Get-Member -Static
Supaya dapat berkerja dengan static method atau static property kita menggunakan tanda ::. Misalnya kita ingin mendapatkan nama komputer yang bisa kita dapatkan dengan property MachineName.
[System.Environment]::MachineName

System.Math
Class static System.Math berguna untuk operasi yang berhubungan dengan matematika. Member dari System.Math bisa kita dapatkan dengan menggunakan Get-Member. Berikut adalah sebagian contoh operasi matematika dengan menggunakan class static System.Math.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar