15 April 2009

Kompresi File dengan WinRAR

Kompresi dengan ZLib seperti pada posting sebelumnya cukup baik. Tapi jika dibandingkan dengan kompresi menggunakan WinRAR menjadi format .rar bisa menjadi setengah dari ukuran file dari kompresi dengan ZLib. Berdasarkan percobaan yang aku lakukan, file aplikasi yang dikompres dengan ZLib mempunyai ukuran 6MB lebih, kemudian jika dikompres dengan WinRAR format .rar menjadi sekitar 3.5MB, hampir setengahnya. Atau contoh lain, aplikasi dengan berbagai komponen pendukung jadi satu program executable 11MB. Setelah dipecah dengan komponen pendukung atau dengan teknik packaging menjadi 1.23MB. Setelah dipecah dengan komponen pendukung dan di kompres dengan ZLib menjadi 402KB. Setelah dipecah dengan komponen pendukung dan di kompres dengan rar menjadi 254KB!
WinRAR memang software komersial (shareware), tapi bisa jadi alternatif bagi yang ingin ukuran file sekecil-kecilnya untuk distribusi melalui internet. Dalam WinRAR terdapat tool yang dapat digunakan untuk manajemen file melalui console. File yang bernama “rar.exe” terdapat pada direktori instalasi WinRAR dan ini yang bisa kita gunakan, terutama untuk proses dekompres file. Dengan tool ini, dapat kita manfaatkan sehingga pada saat user download file, tidak perlu dekompres file secara manual
Dari aplikasi Delphi, kita bisa menjalankan perintah console dengan menggunakan fungsi dari unit ShellAPI. Berikut adalah contoh penggunaan tool “rar.exe”. Terdapat juga manual untuk tool ini untuk referensi lebih lanjut di direktori instalasi WinRAR.

Kompres semua file pada direktori aktif dan simpan dengan nama file “tes.rar”.
rar a tes.rar

Dekompres file “tes.rar” ke direktori tes.
rar e tes.rar tes\

Dekompres file “tes.rar” ke direktori tes, tumpuki file jika sudah ada.
rar e -o+ tes.rar tes\

1 komentar:

  1. Numpang lewat mas, kalau dari pengalaman saya yang paling bagus tetap 7Z (meski ada kompresi seperti KGB yang lebih kecil, tapi lebih lama kompresinya). Saya sudah sering membandngkan antara zip, rar dan 7zip dengan metode biasa maupun yang solid. Dan 7zip tetap jadi pemenang secara kompresi dan menang karena gratis dan open source. Mas juga bisa menggunakan DLL nya, Command Line base Application-nya juga, jadi secara keseluruhan masih bagus 7-zip.

    BalasHapus