05 April 2009

Mengembalikan Kontrol Turunan (Inherited) pada Keadaan Semula

Delphi mendukung penuh pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming/OOP). Dengan OOP hidup bisa jauh lebih mudah. Salah satu inti dari OOP adalah inheritance, yang memungkinan suatu obyek diturunkan menjadi obyek baru. Obyek yang diturunkan mewarisi semua method dan properti yang dipunyai obyek yang menurunkan. Meski begitu banyak yang belum menyadari ini atau banyak pula yang enggan memakai fitur ini dengan alasan susah, rumit, malas belajar dan lain sebagainya. Padahal dengan mengetahui atau bahkan menguasainya, pengembangan aplikasi, terutama seiring perkembangan aplikasi yang semakin kompleks, penggunaan OOP bisa sangat membantu kita.
Sifat inheritance pada Delphi berlaku pula pada form (Visual Form Inheritance). Jika kita mempunyai form dengan nama Form1 yang mempunyai kontrol Button1, Edit1, Label1 dan mempunyai form lain dengan nama Form2 yang diturunkan dari Form1, maka pada Form2 otomatis juga akan terdapat kontrol Button1, Edit1, Label1, dengan properti yang sama pula (Left, Top, Width, Height, dan lain-lain). Intinya Form2 merupakan hasil “salinan” dari Form1 yang menurunkannya.
Mungkin suatu waktu kita pernah melakukan kesalahan secara tidak sengaja mengubah atau memindah suatu kontrol dari form turunan, dan ingin mengembalikan kontrol tersebut ke kondisi semula seperti kondisi pada form yang menurunkannya. Untungnya pada Delphi ini adalah hal mudah. Inilah langkah-langkahnya.

  1. Pada IDE Delphi, tentukan form turunan yang ingin dikembalikan dan buka form tersebut.
  2. Selanjutnya tentukan kontrol yang ingin dikembalikan kondisinya.
  3. Pada kontrol tersebut klik kanan dan pilih “Revert to Inherited”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar