20 April 2009

Windows PowerShell, Command Shell Baru Windows

Microsoft mengeluarkan program terbaru buat command shell, Windows PowerShell. Sebenarnya tidak benar-benar baru, tapi mungkin banyak di antara kita yang masih tidak familiar dengan program yang satu ini. Mengapa harus pakai Windows PowerShell, pakai command prompt saja sudah cukup tuh. Mungkin sebagian orang berpikir begitu. Meskipun begitu tapi program yang satu ini wajib di install atau jadi persyaratan sebelum install SQL Server 2008. Jika Windows PowerShell tidak di install, instalasi SQL Server 2008 akan mogok nantinya.
Jika dilihat dari manualnya, Windows PowerShell merupakan command shell baru Windows yang di disain terutama untuk system administrator. Tidak seperti kebanyakan shell yang menerima input dan mengeluarkan output berupa teks, Windows PowerShell yang dibangun diatas .NET Common Language Runtime (CLR) dan .NET Framework, menerima input dan mengeluarkan output berupa obyek .NET.
Windows PowerShell memperkenalkan konsep baru yang dinamakan cmdlet (baca: “command-let”), merupakan tool command-line yang sederhana dan mempunyai fungsi tunggal yang dibangun didalam shell. Pada tradisional shell perintah yang di eksekusi merupakan program executable seperti ipconfig.exe, attraib.exe, dan lain-lain. Pada Windows PowerShell, cmdlet dapat kita kenali dari format namanya, yang merupakan gabungan kata kerja dan kata benda dipisahkan oleh tanda minus (-), misalnya Get-Help, Start-Service. Kebanyakan cmdlet mempunyai fungsi sederhana dan di disain untuk digunakan sebagai kombinasi dengan cmdlet lain. Tiap cmdlet mempunyai manual yang bisa diakses dengan mengetikkan:
get-help <cmdlet-name> -detailed

Persyaratan minimum yang dibutuhkan sebelum install Windows PowerShell:

  • Windows XP Service Pack 2, Windows 2003 Service Pack 1 atau Windows yang lebih baru. Pada Windows 7 sudah terinstall secara default.
  • Microsoft .NET Framework 2.0
Untuk install Windows PowerShell, kita harus punya file instalasi terlebih dahulu, kemudian tinggal jalankan dan ikuti petunjuknya. Atau juga bisa silent install dengan cara mengetikkan:
<PowerShell-exe-file-name> /quiet

1 komentar:

  1. Bertahun2 Install berbagai Windows. Kadang ketemu baris perintah PowerShell di Registry Startup tapi gak tau maksudnya dan malas searching dan biasanya kuhapus perintah itu.
    Tetapi hari ini (21Des19) gara2 mau Turn Windows Feature on-off di Win10 ketemu Windows PowerShell 2.0 dan penasaran. Baru searching ke mbah Google dan ketemu Blog ini.
    Trims utk pengetahuannya.

    BalasHapus