01 Mei 2009

Bahasa Scripting Windows PowerShell (Kesimpulan)

Windows PowerShell merupakan suatu program yang amat berguna bagi pengguna Windows, khususnya bagi administrator. Bahasan-bahasan yang di posting sebelumnya tentang Windows PowerShell adalah nyata berdasarkan pengalaman. Meski begitu masih banyak sekali fitur, kemampuan, dan lain sebagainya mengenai Windows PowerShell yang belum dibahas. Bahasan-bahasan sebelumnya adalah sebagian kecil dari begitu banyak hal yang ditawarkan oleh Windows PowerShell.
Tidak hanya menerima input berupa perintah, Windows PowerShell juga menerima input file skrip yang berisi perintah-perintah yang valid untuk Windows PowerShell. File ini bisa juga berisi logika-logika pemrograman, seperti perulangan atau pengecekan kondisi (if then else). File skrip yang mempunyai ekstensi .ps1 ini nantinya bisa dijalankan pada command shell Windows PowerShell. Untuk referensi mengenai pembuatan skrip dengan Windows PowerShell tergolong minim, setidaknya bagiku secara pribadi. Di manualnya tidak ada referensi untuk kebutuhan ini. Hanya dari berbagai sumber di internet yang bisa dijadikan referensi.
Di masa yang akan datang pengetahuan dan penguasaan tentang bahasa skrip pada Windows PowerShell bisa menjadi aset yang berharga bagi siapa saja yang mengembangkan aplikasi atau dalam administrasi Windows, terutama untuk teknologi Windows yang berbasis .NET. Pada masa sekarang, kebanyakan teknologi Windows berhubungan erat dengan .NET, seperti Microsoft Office atau SQL Server. Seperti pengalamanku sendiri yang tahu dan tertarik dengan Windows PowerShell karena suatu pekerjaan pada SQL Server 2008 yang menggunakan Windows PowerShell sebagai solusi untuk pemecahan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar