25 Mei 2009

General Query Log MySQL

General Query Log pada MySQL berisi semua aktivitas pada saat client melakukan koneksi ke server atau pada waktu koneksi terputus dan query dari client yang dikirim ke server. Fasilitas ini sangat berguna untuk merekam segala aktivitas tiap client yang terhubung ke server. Bisa juga untuk mengetahui kesalahan yang mungkin terjadi dari perintah atau query yang dikirim client.
Sama seperti Slow Query Log, sebelum MySQL 5.1.6 tujuan penulisan log selalu ke file. Mulai MySQL 5.1.6 terdapat pilihan untuk menulis log ke file atau tabel atau keduanya.
Tujuan penulisan log ditentukan dengan pilihan --log-output yang bisa berisi nilai TABLE, FILE atau NONE (tidak menulis log). Jika tujuan penulisan ke tabel, maka tabel tujuan adalah mysql.general_log. Misalnya:
--log-output=TABLE
--log-output=FILE
--log-output=TABLE,FILE

Sebelum MySQL 5.1.6, untuk mengaktifkan General Query Log dengan menggunakan pilihan --log[=file_name]. Mulai MySQL 5.1.6 gunakan pilihan --general_log yang bisa memiliki nilai 0 (tidak aktif) atau 1 (aktif). Sedangkan pilihan --general_log_file[=file_name] digunakan untuk menentukan direktori tempat file log, jika tujuan penyimpanan log pada file.
Mulai MySQL 5.1.12 kita dapat mengaktifkan atau non aktifkan General Query Log pada saat MySQL sedang berjalan. Cara ini bisa digunakan misalnya untuk backup file log. Setelah General Query Log non aktif, ganti nama file log dan buat file log baru, kemudian aktifkan lagi General Query Log. Set ‘ON’ untuk mengaktifkan atau ‘OFF’ untuk non aktif.
SET GLOBAL general_log = 'OFF';
SET GLOBAL general_log = 'ON';

Bisa juga mengaktifkan General Query Log dengan melakukan pengaturan file konfigurasi MySQL (my.ini).
[mysqld]
general-log=1
log-output=FILE
general-log-file="C:/Program Files/MySQL/MySQL 5.1/log.log"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar