03 Mei 2009

Conficker memang menjadi pusat perhatian dunia karena penyebaran virus ini yang begitu luar biasa. Jutaan pengguna sistem operasi Windows telah terinfeksi virus ini, dan kemungkinan juga terus bertambah tiap hari. Memang hebat virus ini, aku sendiri juga pernah mengalami removable disk yang terjangkiti virus ini, walaupun tidak secara langsung merasakan efeknya karena keburu aku berantas dengan anti virus. Tiap pulang dari warung internet juga bawa “oleh-oleh”, kemungkinan removable disk yang aku bawa pulang juga terjangkiti berbagai varian virus ini. Memang sangat menyebalkan!
Mengapa virus ini bisa begitu banyak menyerang komputer, ini disebabkan kemampuan virus ini untuk memanfaatkan celah keamanan yang ada pada sistem komputer Windows. Bahkan Windows terbaru yaitu Windows 7 yang masih berstatus beta pun juga rentan terhadap penyebaran virus ini. Untuk mengatasi celah keamanan dari Windows yang dapat dimanfaatkan oleh virus Conficker, Microsoft mengeluarkan patch seperti yang diumumkan pada Microsoft Security Bulletin MS08-067, http://www.microsoft.com/technet/security/Bulletin/MS08-067.mspx.
Menurut sumber yang didapat, ciri komputer atau jaringan yang terserang virus Conficker adalah adanya pesan error Generic Host Process dan kemudian akses internet yang mati, maka kemungkinan jaringan komputer sudah terserang virus ini. Virus ini mempunyai kemampuan menyebarkan diri ke komputer lain dalam jaringan yang tidak di patch MS08-067. Banyak teknologi canggih yang dijejalkan pada virus ini, beberapa diantaranya antara lain:

  • Mematikan System Restore. Virus ini mematikan System Restore dengan cara me-reset Restore Point untuk mencegah korban yang terjangkiti virus ini mengembalikan Restore Point.
  • Dynamic Link Library. Virus ini memiliki format DLL, dengan nama file dan ekstensi yang berubah-ubah, sehingga sulit ditebak.
  • Removable Disk. Ini yang sering aku rasakan setelah pulang dari warung internet. Virus ini juga memanfaatkan kelemahan dari autorun untuk dapat menyebar.
  • Download update. Virus ini berusaha download update untuk dirinya ke beberapa website yang ada.
Fitur-fitur diatas hanyalah sebagian dari teknologi pada virus tersebut. Mengetahui betapa bahaya virus ini, disarankan bagi pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, sering melakukan patch dengan tujuan untuk menutup celah keamanan yang mungkin digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dan untuk anti virus yang berkompeten untuk menghancurkan virus ini, bisa dengan menggunakan anti virus dari majalah komputer PCMEDIA, PCMAV. Anti virus ini terbukti mampu membasmi virus Conficker. Anti virus buatan Indonesia ini cukup mampu membunuh virus yang sering hinggap di removable disk punyaku, termasuk virus Conficker.
Anti virus ini juga menyediakan PCMAV Express for Conficker yang dibuat khusus untuk membasmi secara tuntan virus ini. Sebelum menggunakan anti virus ini, pastikan komputer tidak terhubung dengan jaringan maupun internet. Kemudian lakukan scan komputer sampai selesai dan dibersihkan jika ada, dan kemudian segera restart komputer. Lakukan scan ulang jika perlu, dan untuk mengingatkan lagi, sering lakukan patch atau update komputer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar