04 Mei 2009

Cara Cepat Install Komponen Delphi

Delphi menyediakan kita fasilitas untuk menambah komponen baru selain komponen standar dari Delphi. Suatu waktu mungkin kita tidak puas dengan komponen yang diberikan Delphi dan menginginkan komponen tambahan dengan kemampuan dan tampilan yang lebih baik. Komponen dalam bentuk package Delphi tersebut banyak tersedia baik yang gratis maupun komersial. Yang jadi masalah adalah sebagian komponen yang tidak memiliki installer untuk menginstall komponen tersebut, jadi kita mesti melakukannya secara manual. Apalagi jika banyak komponen yang harus diinstall, tentu akan semakin merepotkan.
Ada cara cepat untuk install komponen dalam bentuk package tersebut. Cara ini dilakukan untuk menghindari install secara manual. Cara ini berlaku untuk komponen VCL yang terdapat pada component pallete Delphi. Syaratnya adalah komponen yang bersangkutan sudah pernah diinstall secara manual, karena memerlukan file-file dan setting registry hasil dari compile dan instalasi komponen tersebut.
Satu hal yang harus dilakukan sebelum compile komponen VCL adalah menentukan path library, yaitu direktori source (.pas atau .dcu) tempat komponen berada. Ini bisa dilakukan, misalnya untuk Delphi 7, dari menu Tools->Environment Options, kemudian pada tab Library kita menambahkan direktori yang diinginkan pada Library Path. Jika kita menambahkan atau mengurangi direktori pada Library Path, akan berpengaruh pada registry. Misalnya untuk Delphi 7, registry key yang berubah terdapat pada HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\Delphi\7.0\Library, dan registry entry yang berubah adalah “Search Path” yang berisi kumpulan library path yang dipisahkan oleh tanda ;. Bisa dibuktikan sendiri dengan membuka Registry Editor (pada start menu Windows, pilih Run dan ketikkan regedit). Isi dari registry entry tersebut yang perlu kita simpan, misalnya kedalam file tertentu.
Langkah berikutnya jika komponen tersebut berhasil diinstall, akan membuat file-file pada suatu direktori. File-file ini biasanya mempunyai ekstensi .bpl dan .dcp. Pada Delphi 7 direktori tersebut secara default terletak di <delphi_install_dir>\Projects\Bpl. Tiap komponen yang berhasil kita compile biasanya akan membentuk file .bpl dan .dcp dengan nama sesuai nama file package. Yang perlu kita lakukan adalah menyalin file-file tersebut ke suatu direktori yang nantinya dapat kita gunakan lagi tanpa harus install secara manual.
Langkah terakhir adalah menyimpan daftar komponen yang sudah diinstall tersebut. Setelah instalasi komponen berhasil, pada registry juga akan ditambahkan nama file .bpl lengkap dengan path. Pada Delphi 7 biasanya terletak pada registry key HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\Delphi\7.0\Known Packages. Disitu dapat kita lihat daftar komponen apa saja yang terinstall pada Delphi. Simpan daftar tersebut ke suatu file dengan cara klik kanan pada registry key “Known Packages” dan pilih Export atau dari menu File-> Export, kemudian simpan kedalam file (.reg).
Kita sudah mendapatkan tiga hal, library path, file hasil instalasi komponen (.bol dan .dcp) dan daftar komponen dari hasil export registry. Jika suatu saat kita melakukan instalasi baru Delphi, kita tidak perlu melakukan instalasi secara manual tiap komponen VCL yang kita inginkan. Berikut adalah langkah-langkah instalasi secara cepat dengan asumsi versi Delphi yang kita pakai adalah Delphi 7. Untuk versi lain, langkahnya sama meskipun mungkin terdapat perbedaan pada direktori dan registry key.

  • Buka Registry Editor (regedit). Pada registry key HKEY_CURRENT_USER\Software\Borland\Delphi\7.0\Library, ubah nilai registry entry “Search Path” dengan library path yang kita dapatkan pada langkah pertama.
  • Salin file-file komponen (.bpl dan .dcp) ke direktori tempat komponen berada, biasanya pada <delphi_install_dir>\Projects\Bpl.
  • Jalankan file .reg yang berisi daftar komponen, yang akan secara otomatis ditambahkan pada registry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar