07 Mei 2009

Silent Install SQL Server 2008 Express (Bagian 1)

SQL Server merupakan salah satu Database Management System paling populer saat ini, dengan versi terbaru yang sudah dirilis adalah SQL Server 2008. Dengan dipersenjatai berbagai macam teknologi terbaru yang berbasiskan .NET Framework, membuat SQL Server 2008 Express pilihan ideal terutama jika digabungkan dengan bahasa pemrograman yang berbasis .NET Framework. Apalagi pada edisi Express ini juga bersifat gratis tanpa perlu membayar. Meski begitu instalasi SQL Server 2008 Express memang cukup merepotkan pada sistem operasi yang dipakai saat ini, yaitu Windows XP atau Windows Vista.
Bagian ini akan menjelaskan tentang pra-syarat yang dibutuhkan dari sisi software, sebelum melakukan instalasi SQL Server 2008 Express. Ada setidaknya tiga edisi distribusi SQL Server 2008 Express yang ada. Ini adalah daftar ketiga distribusi tersebut beserta persyaratan minimum software yang dibutuhkan.

  • SQL Server 2008 Express (Runtime Only). Membutukan Windows Installer 4.5 dan .NET Framework 2.0 SP2. Pada Windows Vista gunakan .NET Framework 3.5 SP1.
  • SQL Server 2008 Express with Tools (termasuk SQL Server Management Studio, merupakan gabungan Query Analyzer dan Enterprise Manager pada SQL Server 2000). Membutuhkan Windows Installer 4.5, .NET Framework 3.5 SP1 dan Windows PowerShell 1.0.
  • SQL Server 2008 Express with Advanced Services. Membutuhkan Windows Installer 4.5, .NET Framework 3.5 SP1 dan Windows PowerShell 1.0.
Dari ketiga distribusi tersebut, bagiku SQL Server 2008 Express with Tools merupakan yang paling ideal. Cocok untuk berbagai keperluan standar dengan tool seperti SQL Server Management Studio yang memudahkan kita untuk administrasi database SQL Server. Dengan begitu yang kita perlukan sebelum melakukan instalasi SQL Server 2008 Express adalah instalasi software (instalasi sesuai dengan urutan):
  • Windows Installer 4.5.
  • .NET Framework 3.5 SP1.
  • Windows PowerShell 1.0.
Ketiga software tersebut akan diinstall melalui command prompt tanpa menggunakan GUI dan bisa di download dari situs resmi Microsoft. Yang perlu diingat adalah paket installer untuk Windows Installer 4.5 dan Windows PowerShell 1.0 berbeda antara Windows XP dan Windows Vista. Jadi pastikan download paket installer yang cocok untuk sistem operasi. Kabar baik bagi pengguna Windows, pada Windows 7 yang masih berstatus beta, kita tidak perlu melakukan instalasi ketiga software diatas. Jadi bisa langsung install SQL Server 2008 Express.
Instalasi Windows Installer 4.5 dari command prompt.
<exe-name> /quiet
Instalasi .NET Framework 3.5 SP2 dari command prompt.
<exe-name> /q /norestart
Instalasi Windows PowerShell 1.0 dari command prompt.
<exe-name> /quiet
<exe-name> merupakan file setup untuk masing-masing distribusi. Parameter yang ditunjukkan diatas adalah parameter minimum untuk instalasi ketiga software pendukung tersebut.

2 komentar:

  1. boss...ada installer na gag?..klo gag mnta ref DW nya..thanks

    BalasHapus
  2. aplikasi exe_nya bisa dikasih gak?

    BalasHapus