16 Mei 2009

Run-Time Type Information (RTTI)

Run-Time Type Information (RTTI) merupakan satu fitur Delphi yang sangat menarik yang sudah ada sejak versi awal sampai versi terbaru. RTTI merupakan informasi yang disimpan pada file biner aplikasi. Informasi ini dihasilkan pada saat kompilasi program. Informasi yang disimpan ini berhubungan dengan obyek atau kontrol yang dipakai pada aplikasi yang kita buat. Dengan RTTI kita bisa mendapatkan informasi seperti properti apa saja yang dimiliki oleh sebuah komponen.
Informasi yang kita dapatkan dari RTTI merupakan properti dari komponen VCL yang di published. Contoh nyata dari RTTI ini adalah Object Inspector yang sering kita lihat jika kita memakai IDE Delphi pada saat design time. Dengan RTTI kita bisa mendapatkan informasi apa saja properti dari komponen beserta nilainya pada saat run-time. Sesuai dengan pernyataan yang dikutip dari file help Delphi dalam bahasa Inggris:
Published members have the same visibility as public members. The difference is that runtime type information (RTTI) is generated for published members. RTTI allows an application to query the fields and properties of an object dynamically and to locate its methods. RTTI is used to access the values of properties when saving and loading form files, to display properties in the Object Inspector, and to associate specific methods (called event handlers) with specific properties (called events).
Dokumentasi mengenai RTTI sangat minim, tidak bisa yang kita dapatkan dari file help Delphi. Informasi penting yang bisa kita dapatkan mengenai RTTI ada pada unit TypInfo.pas. Pada unit ini bisa kita dapatkan baris-baris kode yang berhubungan dengan RTTI yang mungkin bisa berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar