27 Maret 2009

Copy Data ke SQL Server Menggunakan bcp

Pak Bos baru buat logo buat perusahaannya yang nantinya mau ditampilkan di laporan yang dipilihnya. Setelah sudah payah membuat file image dengan format bmp, kemudian menyuruh aku untuk menampilkan logo tersebut di laporan. Untuk menampilkan logo tersebut pada laporan, aku memutuskan untuk menyimpan file image tersebut di database (SQL Server). Untuk urusan transfer file ke database ga perlu repot. Ada utility dari SQL Server yaitu bcp. Bcp ini adalah utility untuk copy data antara SQL Server dan file data. Dalam kasus ini aku menggunakannya untuk copy data dari file image format bmp ke database SQL Server.
Pertama sebelum melakukan proses copy diperlukan file format yang mendeskripsikan suatu tabel tujuan. Isi file ini merupakan struktur field-field yang ada pada suatu tabel. File ini bisa kita buat sendiri atau bisa dengan menggunakan utility bcp bagi yang tidak ingin repot. Misal nama file image “fotohot.bmp” mau di copy ke database “master” tabel “fotoku” dan tabel ini hanya punya satu field yang bernama “data”. Untuk membuat file formatnya kita menjalankan perintah ini di command prompt.
bcp master.dbo.fotoku format nul -T -n -f bcp.fmt
Output dari perintah ini adalah file format “bcp.fmt”. Dibawah ini adalah ilustrasi penjelasan dari format file yang dihasilkan.








Langkah terakhir adalah meng-copy file ke tabel tujuan dengan format file yang barusan dibuat. Proses ini dilakukan dengan menjalankan perintah berikut.
bcp master.dbo.fotoku in "fotohot.bmp" -f"bcp.fmt" -T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar