20 Maret 2009

Membatasi Koneksi Masuk untuk MySQL

Inilah salah satu yang aku suka dari MySQL. Kita bisa membatasi komputer mana saja yang bisa masuk/membuat koneksi. Jika kita install MySQL (aku pake versi 5.1) dengan setting default, maka akan tercipta user “root”, yang berarti user ini bisa melakukan koneksi. Tapi user ini hanya bisa melakukan koneksi dari komputer lokal saja. Jika ada koneksi dengan user ini dari komputer lain akan ditolak.
MySQL menyimpan user yang ada pada database mysql, tabel user. Jika kita lihat pada tabel ini, ada user “root” disitu. Yang perlu diperhatikan adalah adanya kolom “host” pada tabel tersebut, dan ini yang mengontrol komputer mana saja yang bisa melakukan koneksi.






Secara default user “root” bisa melakukan koneksi dari komputer lokal yang berarti kolom “host” berisi “localhost”. Jika ingin user “root” bisa melakukan koneksi dari komputer A, maka tinggal tambahkan user dengan host “A” dan seterusnya. Atau ingin user tersebut bisa melakukan koneksi dari mana saja, tambahkan user dengan host “%”. Mungkin terlihat merepotkan bagi sebagian orang, tapi bagiku ini adalah satu fitur keamanan yang unik dari MySQL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar