14 Maret 2009

Enkripsi dengan Delphi

Pada suatu waktu mungkin kita perlu melakukan enkripsi pada suatu string supaya data kita tidak bisa dibaca orang lain. Kita bisa membuat teknik enkripsi yang sederhana dengan membuat sendiri fungsi enkripsi yang kita inginkan misal dengan mengganti karakter satu dengan yang lain atau dengan teknik XOR. Daripada susah mikirin teknik dan membuat fungsinya, ada komponen yang bisa kita pakai buat ekripsi yang kita ingini. Salah satunya adalah dengan TurboPower LockBox (http://sourceforge.net/projects/tplockbox/) yang bisa dipakai pada lingkungan Delphi, C++Builder, dan Kylix.
Keuntungannya adalah selain free, ada pula source code. Algoritma yang didukung adalah Blowfish, RSA, MD5, SHA-1, DES, Triple-DES, Rijndael. Selain itu juga bisa dipakai untuk fungsi hashing. Cukup memadai untuk proses enkripsi data, atau jika tidak cukup bisa mengedit source-nya bagi yang mampu.
Instalasinya mudah, hanya compile dan tinggal pakai pada unit yang diinginkan. Kita bisa melakukan enkripsi terhadap string atau file. Misalkan kita ingin mengenkripsi string “Ini Ibu Budi, Budi lagi mandi.” dengan kata kunci “12345” dan algoritma Blowfish, caranya mudah saja:
uses LbCipher, LbString;
var
  Key128: TKey128;
  Hasil: string;
begin
  GenerateLMDKey(Key128, SizeOf(Key128), ‘12345’);
  Hasil := BFEncryptStringEx(‘Ini Ibu Budi, Budi lagi mandi.’, Key128, True);
end.
Semudah itu untuk enkripsi, untuk dekripsi tinggal ganti parameter ketiga dari True jadi False. Disediakan beberapa contoh program bawaan, bagi yang ingin tahu lebih lanjut.

1 komentar:

  1. Slm hormat, ada contoh algoritma metode enkripsi buatan lokal, dengan enkripsi berjenis simetrik dengan tipe stream cipher, dapat di lihat di www.ciauldownload.blogspot.com pada bagian artikel, Terima kasih

    BalasHapus