24 Maret 2009

Pemrograman Web dengan PHP

Banyak waktuku dihabiskan untuk buat program desktop yang berkutat dengan Delphi, Windows API, Client-Server, berbagai macam DBMS seperti SQL Server atau MySQL atau pernah juga mencoba hal-hal lain seperti VB, C#, Linux/Unix dan Informix. Jarang waktuku digunakan untuk mempelajari atau mengembangkan aplikasi berbasis web. Hal inilah yang jadi ketertarikanku baru-baru ini. Mempelajari hal-hal dalam pengembangan aplikasi web didasari fakta bahwa pada masa kini segala sesuatu yang berhubungan dengan IT menunjukkan tren yang semakin bergeser ke web/jaringan. Dan tentu saja internet adalah biang kerok semua ini.
Untuk memenuhi kebutuhan ini, yang harus aku lakukan pertama kali adalah, sederhana saja, pakai apa bahasanya? Tidak perlu waktu lama untuk menentukan bahwa PHP adalah alat utama bagiku untuk mendalami pemrograman berbasis web. Tentu saja ada alasan yang melatarbelakangi keputusan ini. Selain karena bisa digunakan di berbagai platform dan free, yang terpenting adalah kedekatannya dengan bahasa C dan variannya. Itu juga yang jadi alasan pemilihan PHP jadi pilihanku bersama C++ pada waktu aku menyelesaikan tugas akhir masa perkuliahan dulu. Jadi ada semacam nostalgia, apalagi database yang sering digunakan adalah MySQL jadi klop deh.
Tidak perlu diragukan, PHP sudah banyak digunakan di jagad internet dan banyak sekali tutorial, contoh atau segala yang berkaitan. Dimasa yang akan datang mungkin akan muncul posting-posting dariku yang bernuansa web walaupun mungkin bukan tingkat lanjut karena memang aku jarang berhubungan dan juga posting-posting tersebut tidak melulu tentang pemrograman. Kemungkinan porsi untuk web akan semakin bertambah di masa yang akan datang, meski kemungkinan aku juga tidak akan meninggalkan bidang yang sudah lama aku tekuni sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar