05 Maret 2009

Tes Windows Terbaru, Windows 7 Beta

Windows terbaru tiba, meski masih beta. Microsoft mengeluarkan Windows terbarunya yaitu Windows 7 yang digembar gemborkan itu. Pada saat aku beli majalah PC Media 03/2009, bonusnya Windows 7 beta (ada pada bonus DVD). Instalasinya biasa aja, mungkin lebih cepat dibanding install Windows Vista. Dibanding Windows Vista, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam soal user interface, bahkan bisa dibilang sama. Yang aku dengar juga Windows ini bukan Windows yang benar-benar baru, tapi dibangun dari core Windows Vista. Keunggulannya bla bla bla..., bisa baca sendiri di majalah atau dari berbagai sumber.
Yang bikin aku tertarik dengan Windows ini adalah tentu saja berhubungan dengan kompatibilitas program yang aku buat. Apa bisa jalan lancar atau gimana (jangan-jangan error lagi seperti waktu kejadian sebelumnya). Dimulai dengan proses instalasi SQL Server 2008 Express. Aku coba install tanpa komponen pendukung (Windows Installer 4.5, .Net Framework, Windows PowerShell) seperti pada Windows XP atau Windows Vista, ternyata bisa! Ini mungkin satu keunggulan dari Windows 7, ga perlu repot nginstall macem-macem, meski memang ini adalah hal yang tergolong lumrah, makin baru produk, berarti harusnya juga makin mendukung hal-hal yang baru. Instalasi SQL Server 2008 Express dengan setting default relatif lancar (HORE).
Kemudian beralih ke instalasi program sendiri, setelah instalasi database dan komponen buat server selesai, giliran yang porsi client. Setelah selesai, dicoba, ternyata jalan bos. OK juga nih Windows 7. Kemungkinan nantinya untuk migrasi dari Windows XP ke Windows yang lebih baru, mungkin aku pilih Windows 7 ketimbang Windows Vista. Bukannya bermaksud promosi tapi memang lebih simpel dan mendukung teknologi yang lebih baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar