06 Maret 2009

Lokalisasi Message Dialog pada Delphi

Suatu saat Suparno, bos warung Jawa terkemuka ingin mengkomputerisasi segala keperluan bisnisnya dengan program komputer, seiring dengan usahanya yang maju pesat dan beberapa cabang yang akan dibuka. Setelah menyeleksi beberapa program (seperti tender instilah kerennya) yang ditawarkan, agaknya kurang cocok. Walaupun ada yang sudah pakai bahasa Indonesia, tapi tidak disemua bagian pakai bahasa Indonesia. Lebih baik lagi kalo ada yang pakai bahasa lokalnya, bahasa Jawa.
Kisah diatas berdasarkan kenyataan, bukan cuma karangan doang, meski nama fiktif belaka. Semakin banyaknya kebutuhan dalam negeri akan program komputer, berarti semakin dibutuhkan pula program yang pakai bahasa lokal. Pada kasus pengembangan program pada Delphi, hal seperti input dialog, message dialog atau yang lainnya mungkin sangat sering dipakai dalam program. Didalam Delphi sendiri sudah disediakan fungsi untuk itu, tapi dengan bahasa Inggris. Kata-kata seperti Yes, No, Cancel dan semacamnya mungkin sudah sering kita lihat.
Bagaimana bila ingin pakai bahasa lainnya? Mungkin ada yang bilang, ya bikin dialog sendiri, gitu aja kok repot! Tapi sebenarnya itu bisa dilakukan tanpa perlu repot bikin dialog baru lagi. Cara yang paling cepat adalah ganti kata-kata tersebut. Pada direktori $(DELPHI)\Source\VCL ($DELPHI adalah direktori instalasi Delphi) terdapat file “Consts.pas”. Dalam file ini terdapat resource string yang dipakai untuk kata-kata pada dialog yang biasanya dipakai pada saat memanggil procedure/fungsi ShowMessage() atau MessageDlg(). Misalnya kita ingin mengganti kata “Yes” dengan “Ya”, maka ganti baris “SMsgDlgYes = '&Yes';” dengan “SMsgDlgYes = '&Ya';”, kemudian compile program.

1 komentar: