03 Maret 2009

Menambahkan MySQL pada Installer Program dengan Inno Setup

Setelah sebelumnya program dan MySQL diinstall terpisah oleh user, aku jadi berpikir bisa ga installernya dijadikan satu biar user ga usah repot nginstall MySQL dengan berbagai settingnya. Ternyata bisa tuh. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana caranya dengan menggunakan program installer yang aku pake: Inno Setup 5.2.3. Sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara silent install MySQL, dan itu juga diperlukan disini nantinya.
Ada beberapa section pada script Inno Setup diantaranya adalah Setup, Tasks, Files, Registry, Run dan masih ada beberapa yang lain. Ada cara yang mudah untuk menjalankan installer MySQL, yaitu lewat section [Run]. Pada section ini, terdapat file-file yang dijalankan setelah instalasi program sukses. Misalkan kita menyertakan file mysql.msi kedalam installer program kita dengan kode seperti ini:
[Files]
Source: "mysql.msi"; DestDir: "{tmp}"
Dengan kode diatas akan mengcopy file mysql.msi yang disertakan program ke temporary direktory. Jika ingin menjalankan file tersebut setelah instalasi program, maka bisa menambahkan kode seperti ini:
[Run]
Filename: "msiexec.exe"; Parameters: "/i ""{tmp}\mysql.msi"" /qn INSTALLDIR=""{app}"" DATADIR=""{app}"""
Kode diatas akan menjalankan silent install MySQL dengan direktori install tujuan dan direktori data ke direktori yang dipilih. Setelah instalasi selesai, MySQL semestinya juga sudah terinstall.

3 komentar:

  1. Terimakasih Banyak Tutorialnya sangat bermanfaat buat saya, sekalin minta izin copas kalo boleh, trims , salam sukses selalu

    BalasHapus
  2. saya punya pertanyaan mas...kalau pas mau install program, ternyata di komputer tujuan sudah terinstall xampp bagaimana mengatasinya?...terimakasih untuk jawabannya mas...

    BalasHapus
  3. ada tutorial lengkapnya gan?

    BalasHapus