23 Maret 2009

Pembuatan Aplikasi Menggunakan SQL Server Management Objects (SMO)

Penggunaan SMO seperti layaknya melakukan pemrograman pada Delphi atau bahasa lainnya, tapi yang mendukung .Net Framework, seperti C#, VB.Net. Delphi pun ada yang mendukung pemrograman pada lingkungan .Net. Seperti contoh program yang aku buat untuk melakukan tes koneksi dibuat dengan menggunakan bahasa C#. Aku pilih bahasa ini karena sudah didukung secara default waktu menginstall SQL Server 2008. Program ini berjalan di lingkungan console, melakukan tes koneksi ke komputer lokal, dan jika berhasil akan mencetak output bahwa koneksi berhasil. Karena program ini dibuat dengan bahasa C#, maka penulisan huruf besar dan huruf kecil dibedakan (case-sensitive).
using System;
using Microsoft.SqlServer.Management.Common;
using Microsoft.SqlServer.Management.Smo;

class teskoneksi
{
  public static void Main(string[] args)
  {
    string s, ver;
    Server srv;
    ServerConnection conn;

    conn = new ServerConnection();
    conn.LoginSecure = true;
    srv = new Server(conn);
    try
    {
      s = srv.Name;
      ver = srv.Information.VersionString;
      Console.WriteLine("Tes koneksi berhasil BOS…");
    }
    catch (Exception excep)
    {
      s = excep.Message;
      Console.WriteLine(s);
    }
  }
}

Untuk compile program, misalkan script program diatas disimpan dengan nama file “teskoneksi.cs”, maka ketikkan perintah berikut di command prompt.
"C:\WINDOWS\Microsoft.NET\Framework\v3.5\csc.exe" /r:"C:\Program Files\Microsoft SQL Server\100\SDK\Assemblies\Microsoft.SqlServer.ConnectionInfo.dll","C:\Program Files\Microsoft SQL Server\100\SDK\Assemblies\Microsoft.SqlServer.Smo.dll","C:\Program Files\Microsoft SQL Server\100\SDK\Assemblies\Microsoft.SqlServer.Management.Sdk.Sfc.dll" /out:"C:\teskoneksi.exe" /t:exe teskoneksi.cs
Dengan asumsi direktori Windows di “C:\Windows” dan direktori install SQL Server di “C:\Program Files”. Hasil dari perintah tersebut adalah file "C:\teskoneksi.exe". Meskipun file ini berekstensi .exe, tapi tidak bisa dijalankan pada komputer yang tidak terinstall .Net Framework.

1 komentar:

  1. Kalau kita gak install SQL Server bisa dipake gak ini library SMO? Jadi ceritanya mau konek ke databasenya remote

    BalasHapus