02 Maret 2009

Silent Install MySQL 5

MySQL tidak hanya bisa diinstall dengan interaksi user, tetapi bisa dilakukan tanpa campur tangan user. User tidak perlu klik next, next, next (padahal ga liat/baca apa yang yang dipilih, asal klik aja pokok beres) sampe selesai. Ada cara biar proses instalasi MySQL ga perlu interaksi user. Cara ini bisa digunakan bagi yang ingin membuat installer program jadi satu dengan instalasi MySQL.
Pertama adalah mendapatkan installer MySQL (bisa didapat dari websitenya http://www.mysql.com) yang ekstensinya .msi bukan yang .exe. Dari file ini kita bisa silent install (install secara diam-diam?) MySQL. Yang dimaksud silent install adalah install tanpa ada campur tangan dari user, jadi user ga perlu klik sana klik sini atau input apa, jadi tinggal jalankan programnya akan install sampai selesai. Untuk bisa begini dibutuhkan program yang namanya “msiexec.exe” (di Windows XP sudah ada secara default). Bisa dicek caranya ketik msiexec di command prompt atau dari Start->Run, kira-kira akan muncul dialog seperti dibawah ini.



















Dari gambar diatas bisa dilihat ada beberapa pilihan parameter yang bisa digunakan untuk installasi. Misal /i untuk install program atau /x untuk uninstall program. Yang perlu diperhatikan disini adalah parameter /qn yang akan menginstall program tanpa ada user interface dan campur tangan user. Jadi untuk silent install MySQL (misal nama file: “mysql51.msi”) kira-kira perintahnya seperti ini: msiexec.exe /i “\mysql51.msi” /qn. Untuk uninstall tinggal ganti parameter /i dengan /x.
Dengan perintah seperti diatas, instalasi MySQL akan diinstall pada direktori defaultnya di “\MySQL\MySQL Server 5.1” dan direktori penyimpanan data di “\Documents and Settings\All Users\Application Data\MySQL\MySQL Server 5.1” pada MySQL 5.1. Kalo mau install ditempat lain bisa dengan menambahkan parameter “INSTALLDIR=” untuk menentukan direktori instalasi MySQL dan “DATADIR=” untuk direktori data.

2 komentar:

  1. tapi dmn masukin perintah2 itu?
    gmn menghubungkannya dengan program kita ?

    BalasHapus
  2. dari command prompt
    kalo dari installer seperti inno setup lihat disini:
    http://rudycs.blogspot.com/2009/03/menambahkan-mysql-pada-installer.html#comments

    BalasHapus